Kamis, 23 April 2015

HADITS TENTANG SALAM, QIRADH DAN GADAI



Oleh : Hendri Permana

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Agama islam adalah agama sempurna yang mengatur segala perkara yang berkaitan dalam kehidupan manusia. Dimulai dari peribadatan yang langsung berhubungan dengan sang khalik dan hubungan yang berkaitan dengan manusia. Dalam hal ini, islamlah yang mengatur dan mengarahkan peraturan yang menjadi pedoman wajib bagi setiap pemeluknya. Pedoman ini di bawa oleh nabi yang mulia, sehingga tidak ada dusta dalam penyampaiannya dan selalu memberikan solusi utama dikala kita benar-benar menjalankannya.
Salah satu yang diatur oleh syari’at islam adalah bentuk jual beli, dimana bentuk ini sangat beragam jenisnya, dari bentuk barang hasil temuan, gadai, pinjaman, salam dan lain-lain. Oleh sebab itu, selayaknya kita sebagai muslim wajib mengikuti petunjuk baginda nabi Muhammad dalam masalah ini, sehingga dalam proses transaksi jual beli yang kita lakukan tidak mengandung unsur riba, sehingga jual beli yang kita lakukan mendatangkan keberkahan dari Allah Shubhanahu wata’ala.
Salah satu yang akan kami bahas dalam makalah ini adalah tentang menjual barang yang belum dimiliki dengan menggambarkan sifat-sifat dan jenisnya (salam), sehingga dalam penjelasannya diberikan kefahaman dalam memahami hadits-hadits yang disampaikan oleh baginda nabi Muhammad dalam memberikan pengarahan transaksi salam dalam pandangan agama islam.

B.     Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang penulis akan jelaskan adalah sebagai berikut :
1.      Hadits-hadits yang berkenaan dengan salam, qiradh dan gadai;
2.      Penjelasan para ulama tentang salam, qiradh dan gadai;
3.      Makna kosa kata dalam hadits-hadits;
4.      Faidah yang diambil dari hadits-hadits.

C.    Tujuan Penulisan

Dalam penulisan makalah ini, penulis berharap sebagai berikut :
1.      Mengetahui dalil-dalil yang berkenaan dengan salam, qiradh dan gadai;
2.      Mengetahui petunjuk baginda nabi dalam salam, qiradh dan gadai;
3.      Memahami maksud yang terkandung dalam hadits-hadits salam, qiradh dan gadai;
4.      Mampu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian salam, qiradh dan gadai

Salam  dengan membaca  fatah huruf sin dan huruf lam  adalah menangguhkan pembayaran  terhadap  barang  yang  hendak  dibeli.  Jika  kalimat  ini menggunakan huruf  mim ( al-salam ), maka ia mengikut bahasa masyarakat Iraq, namun jika menggunakan huruf  fa  ( al-salaf) maka ia mengikut bahasa masyarakat Hijaz.
Menurut syari’at, salam  adalah menjual barang yang belum dimiliki dengan menggambarkan sifat-sifat dan jenisnya.
Qardh pula dengan membaca  sukun  huruf ra’ adalah barang yang belum dimiliki yang digambarkan sifat dan jenisnya namun tanpa melalui proses jual beli.
Gadai pula adalah membeli sesuatu secara ansuran dengan menyerahkan jaminan barang pembelian sama ada jaminan itu setara dengan harta yang digadaikan  ataupun  tidak,  kemudian  barang  itu  dipulangkan  kepada pemiliknya setelah dia berjaya menyelesaikan bayaran hutangnya.

B.     Hadits Nomor 874 tentang salam

عَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: قَدِمَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم اَلْمَدِينَةَ, وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي اَلثِّمَارِ اَلسَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ, فَقَالَ: ( مَنْ أَسْلَفَ فِي تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ, وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ, إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَلِلْبُخَارِيِّ: مَنْ أَسْلَفَ فِي شَيْءٍ
Ibnu Abbas berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam datang ke Madinah dan penduduknya biasa meminjamkan buahnya untuk masa setahun dan dua tahun. Lalu beliau bersabda: "Barangsiapa meminjamkan buah maka hendaknya ia meminjamkannya dalam takaran, timbangan, dan masa tertentu." Muttafaq Alaihi. Menurut riwayat Bukhari: "Barangsiapa meminjamkan sesuatu."

1.      Makna hadits

Masa terus berjalan sementara usaha memiliki waktu-waktu tersendiri. Seseorang  memiliki  tanggung  jawab  untuk  memenuhi  keperluan keluarganya dan manusia sentiasa memerlukan sesutu untuk memenuhi keperluannya. Oleh itu, mereka memerlukan satu sistem untuk memenuhi keperluan mereka dengan mengharuskan pinjaman, salam  dan gadai. Semua ini bertujuan untuk meringankan beban hidup manusia  ketika berdepan dengan situasi yang sukar.
Oleh kerana peminjam dan orang yang memberi pinjaman sering kali bertelingkah mengenai waktu pembayaran dan barang yang mesti diserahkan, syariat Islam telah pun menetapkan beberapa perkara bagi mengelakkan kerugian dan permusuhan daripada berlaku dengan tetap mengekalkan hukum harus untuk membuat pinjaman, salam  dan gadai. Jadi, Islam mewajibkan untuk menetapkan timbangan, sukatan dan waktu di mana hutang tersebut wajib dibayar oleh peminjam di samping ketentuan-ketentuan lain yang berkaitan dengannya.

2.      Analisis lafadz

a.        قَدِمَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم اَلْمَدِينَةَ = peristiwa  ini  terjadi  ketika baginda berhijrah.
b.       يُسْلِفُونَ = mereka mengadakan jual beli dengan satu sistem di mana harga ada di tangan pembeli.
c.        اَلسَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ = ungkapan ini sekadar menunjukkan kebiasaan, kerana tidak ada larangan untuk menaikkan tempoh melebihi waktu-waktu yang telah disebutkan itu. Malah dalam satu hadits yang diriwayatkan al-Bukhari disebutkan: “Dua atau tiga tahun.” Dalam riwayat lain disebutkan: “Mereka meminjam hingga dua atau tiga tahun.”
d.       فِي تَمْرٍ = ungkapan ini hanya sekadar menunjukkan kebiasaan, kerana al-Hafiz Ibn Hajar meriwayatkan hadits lain oleh al-Bukhari: “Barang siapa yang meminjam sesuatu.” Lafaz hadits ini lebih bersifat umum.
e.        وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ = huruf waw di sini bermakna aw (atau). Dengan arti kata lain, memadailah dengan menggunakan salah satu di antara keduannya itu.  Malah  salam  riwayat  yang  lain  ditegaskan  perkara  yang  serupa. Takaran dan timbangan di sini hanya sekadar menunjukkan kebiasaan. Ia boleh digantikan dengan penjumlahan, misalnya atau penjumlahan yang digabungkan dengan takaran atau timbangan secara sekaligus.
f.        إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ = syarat ini disandarkan kepada salah satu di antara dua perkara sebelum ini, bukan kepada kedua-duanya sekaligus.


3.      Fiqh hadits

a.        Islam  memperakui  beberapa  sistem  perekonomian  yang  berlaku pada  zaman jahiliah, tetapi ditambahkan adanya beberapa syarat dan ketentuan.
b.       Boleh meminjamkan suatu barang. Ulama telah pun telah bersepakat terhadap pendapat ini kecuali satu pendapat yang diriwayatkan daripada Ibn al-Musayyab. Meskipun mereka bersepekat bahwa ia disyariatkan, namun ulama berselisih pendapat tentang beberapa syarat dan ketentuan yang berbeda dengan syarat-syarat jual beli antara lain adalah sebagai berikut:
a)      Menyerahkan modal di dalam satu majlis. Jika mereka berpisah sebelum diadakan serah terima, maka jual beli ini tidak sah,kerana jual beli ini sama dengan jual beli hutang dengan hutang yang diharamkan di sisi syari’at.
b)      Mengetahui dengan jelas keadaan dan keberadaan modal atau barang, kerana sudah menjadi kebiasaan untuk mengetahui keadaan  barang  sebelum  menyerahkannya.  Jika  seseorang menyerahkan  barang  yang  berada  di  dalam  bungkusan sedangkan dia tidak melihatnya atau tidak mengetahuinya, maka  jual  beli  itu  dinyatakan  tidak  sah.  Ini  berdasarkan kesepakatan ulama.
c)      Barang  yang  bakal  diserahkan  hendaklah  dapat  diukur dengan takaran, timbangan atau hitungan, bukan barang yang sebaliknya. Ini berdasarkan kesepakatan ulama.
d)     Jumlah dan ukurannya disebutkan dengan jelas seperti jumlah barang yang hendak diserahkan. Jika benda tersebut belum dapat dihitung, maka sifat dan keadaan barang tersebut wajib disebutkan dengan jelas baik menggunakan sistem timbangan atau takaran, seperti buah delima dan lain-lain, tetapi hukum ini  kembali  kepada  kebiasaan  dan  sistem  yang  berlaku  di suatu daerah. Jika mereka hanya menggunakan timbangan, maka ukurannya mestilah mengikut sistem yang berlaku. Jika seseorang yang melakukan salam terhadap yang ditimbang bukan ditakar atau sebaliknya, maka ulama mazhab Syafi’I dan mazhab Hanbali dalam masalah ini ada dua pendapat. Pendapat yang paling sahih mengatakan ia dibolehkan.
e)      Meyebutkan waktu pembayaran. Jadi transaksi dinyatakan batal jika tempo tidak disebutkan dengan jelas. Ini berdasarkan kesepakatan  ulama.  Jika  tempo  pembayaran  ditentukan dengan waktu yang masih bersifat umum, misalnya pembayaran dilakukan sampai waktu dipetik/dituai pada masa yang akan datang, misalnya, maka Ibn Umar, Imam Malik, Imam Ahmad dalam  satu  riwayat  yang  kemudian  menjadi  pilihan  ulama mazhab Hanbali membolehkannya, sementara Ibn Abbas dan jumhur ulama melarang sistem seperti ini.
f)       Barang yang ingin diserahkan mesti wujud ketika ia hendak diserahkan pada waktu yang telah ditentukan.
g)      Orang  yang  meminjamkan  mestilah  memiliki  dan  mampu mendatangkan barang yang diinginkan. Syarat ini dikemukakan oleh setengah ulama.

C.    Hadits Nomor 875

وَعَنْ عَبْدِ اَلرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى، وَعَبْدِ اَللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَا: ( كُنَّا نُصِيبُ اَلْمَغَانِمَ مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَكَانَ يَأْتِينَا أَنْبَاطٌ مِنْ أَنْبَاطِ اَلشَّامِ, فَنُسْلِفُهُمْ فِي اَلْحِنْطَةِ وَالشَّعِيرِ وَالزَّبِيبِ - وَفِي رِوَايَةٍ: وَالزَّيْتِ - إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى. قِيلَ: أَكَانَ لَهُمْ زَرْعٌ? قَالَا: مَا كُنَّا نَسْأَلُهُمْ عَنْ ذَلِكَ )  رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ 
Abdurrahman Ibnu Abza dan Abdullah Ibnu Aufa Radliyallaahu 'anhuma berkata: Kami menerima harta rampasan bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Dan datanglah beberapa petani dari Syam, lalu kami beri pinjaman kepada mereka berupa gandum, sya'ir, dan anggur kering -dalam suatu riwayat- dan minyak untuk suatu masa tertentu. Ada orang bertanya: Apakah mereka mempunyai tanaman? Kedua perawi menjawab: Kami tidak menanyakan hal itu kepada mereka. (HR. Bukhari).

1.      Makna hadits

Hadits ini membincangkan masalah yang telah dibincangkan oleh hadits sebelum ini, namun ada satu permasalahan yang disentuh  di sini iaitu meminjamkan barang kepada orang yang  tidak memiliki barang dan usaha  terhadap  barang  yang  dipinjamkannya,  di  mana  dia  meminjam buah atau gandum misalnya, tetapi dia tidak mempunyai usaha untuk menghasilkannya, lalu hadits ini membolehkan praktik pinjamanan seperti ini, malah al-Bukhari memasukkan hadits ini ke dalam bab: al-salam ila man laisa ‘indahu ashlun .

2.      Analisis lafadz

a.       نُصِيبُ = kami memperoleh dan mendapatkan bahagian.
b.      اَلْمَغَانِمَ = jamak ghanimah, harta yang menjadi hak milik tentara Islam setelah berjaya mengalahkan tentara kafir.
c.       أَنْبَاطٌ مِنْ أَنْبَاطِ اَلشَّامِ = dalam riwayat al-Bukhari disebutkan: “نبيط”. Mereka adalah bangsa Arab yang sudah berasimilasi dengan orang asing dan Rom kemudian keturunan mereka pun sudah bercampur aduk hingga akhirnya bahasa mereka pun berubah. Orang Arab yang berasimilasi dengan orang asing tinggal di kawasan al-Batha’ih berhampiran dengan masyarakat Iraq, sementara orang yang berasimilasi dengan bangsa Rom tinggal di lembah negeri  Syam.  Mereka  diberi  nama anbath   lantaran  mereka  mengetahuitempat keluar air, kerana sebahagian besar sumber pencarian mereka adalah sebagai peladang.
d.      فَنُسْلِفُهُمْ = kami menjual kepada mereka barang dengan memberikan  gambaran terhadap barang yang bakal mereka jadikan sebagai pembayaran hutang mereka.
e.       مُسَمًّى = yang ditentukan dan ditetapkan.

3.      Fiqh hadits

a.       Salam atau  salaf  adalah dibolehkan dalam syari’at Islam.
b.      Jual  beli  salam   dibolehkan  meskipun  tidak  menyebutkan  dan menentukan tempat serah terima. Inilah pendapat Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan Imam Malik di mana beliau menambahkan: “Serah terima hendaklah dilakukan di tempat di mana ia dilaksanakan. Jika  mereka  berselisih  pendapat,  maka  perkataan  penjual  mesti dijadikan pegangan.
c.       Jual beli  salam  dibolehkan meskipun barang yang ditentukan tidak lagi wujud ketika mengadakan transaksi selagi ada kemungkinan menghadirkan  barang  pada  waktu  yang  telah  disepakati.  Ini pendapat jumhur ulama dan menurut mereka, tidak ada masalah memutuskannya  untuk  membawanya  baik  sebelum  mahupun sesudahnya sementara menurut Imam Abu Hanifah, tidak boleh jika diputuskan sebelumnya. Jika seseorang memberi pinjaman dengan menggunakan lafaz yang bersifat umum lalu ia diputuskan dengan seketika, maka menurut jumhur ulama jual beli ini tidak batal,sementara menurut sebahagian ulama mazhab Syafi’i jual beli ini batal.
d.      Dibolehkan berpisah dalam jual beli salam  sebelum diadakan serah terima. Inilah pendapat Imam Malik, namun menurut Imam al-Syafi’i dan ulama Kufah, dengan demikian jual beli menjadi batal kerana ia menjadi menjual hutang dengan hutang.
e.       Ahli zimmah dibolehkan mengadakan jual beli salam  dengan syarat mereka berpandukan ajaran syari’at Islam ketika berlaku perselisihan dan perbedaan pendapat.
f.       Pengakuan Rasulullah (s.a.w) dapat dijadikan sebagai hujah.

D.    Hadits Nomor 876

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ اَلنَّاسِ يُرِيدُ أَدَاءَهَا, أَدَّى اَللَّهُ عَنْهُ, وَمَنْ أَخَذَهَا يُرِيدُ إِتْلَافَهَا, أَتْلَفَهُ اَللَّهُ )  رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mengambil harta orang dengan maksud mengembalikannya, maka Allah akan menolongnya untuk dapat mengembalikannya; dan barangsiapa mengambilnya dengan maksud menghabiskannya, maka Allah akan merusaknya." (Riwayat Bukhari.)

1.      Makna hadits

Hadits ini membahas salah satu pokok syari’at yang paling penting, iaitu membetulkan  niat  dalam  setiap  perbuatan  dan  membersihkannya  dari segala bentuk kejahatan. Sesiapa yang melakukannya akan memperoleh kebaikan baik di dunia mahupun di akhirat.
Islam  memberi  petunjuk  kepada  siapa  yang  berhutang  supaya berniat untuk membayarnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika melakukan demikian, Allah pasti membantu untuk menyelesaikannya. Ini berbeza jika meminjam untuk memakan dan merusaknya tanpa ada niat untuk membayarnya, maka Allah akan merosak dan membinasakan harta itu.

2.      Analisis lafadz

a.       مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ اَلنَّاسِ = ia meliputi mengambil harta orang lain dengan cara berhutang dan menerima barang amanah untuk dijaga, namun maksud yang pertama lebih mendekati dengan tujuan hadits di sini, sebagaimana sabda Rasulullah (s.a.w): اخد  (mengambil) di mana kalimat ini menunjukkan adanya perbuatan. Ini berbeza dengan makna kedua, iaitu menerima barang amanah untuk dijaga kerana biasanya menggunakan bahasa: من استودع أموال الناس  (barang siapa yang menerima amanah barang orang lain untuk dijaga.” Pendapat ini disokong oleh hadits Rasulullah (s.a.w): ما من مسلم يدّان دينا يعلم الله منه أنّه يريد أداءه إلاّ أداء الله عنه فى الدنيا  
“Tidaklah seorang muslim ingin meminjam wang kepada orang lain dan dia berniat untuk membayarnya, melainkan Allah membantunya untuk membayar hutang itu selama d idunia.” (Diriwayatkan oleh Ibn Majah dan dinilai sahih oleh Ibn Hibban dan al-Hakim daripada Maimunah (r.a)
Apapun, tidak ada halangan untuk memahami hadits ini sebagai
barang titipan (wadi’ah).
b.      أَدَّى اَللَّهُ عَنْهُ = ada  yang mengatakan Allah pasti membantu untuk membayarnya selagi di dunia dengan memudahkan cara memperoleh rezeki kepadanya sehingga dia mampu membayar hutangnya.
Pendapat lain mengatakan Allah pasti membayarnya di akhirat kelak dengan memberikan kebaikan kepada orang yang memberi pinjaman hingga dia pun merasa ridho.
c.       إِتْلَافَهَا = merusakkan.  Ada  kemungkinan  kerusakan  yang  bakal diterimanya  itu  ketika  hidup  di  alam  dunia  dengan  menghancurkan hartanya,  mempersempit  usaha  dan  geraknya  atau  menghilangkan keberkahan dalam setiap usaha yang dilakukannya. Ada pula kemungkinan dia akan memperoleh kerusakan di akhirat kelak dengan memberikan adzab dan siksa yang berat ke atasnya.

3.      Fiqh hadits

a.       Larangan untuk memakan harta dan hak orang lain.
b.      Galakan untuk sentiasa berbuat baik dan membetulkan demi meraih kebaikan dunia dan akhirat.
c.       Menjelaskan betapa kedudukan niat dan pengaruhnya amat besar dalam kehidupan dunia dan akhirat.
d.      Setiap perbuatan akan dibalas sesuai dengan nilainya.
e.       Menjelaskan bahwa Allah sentiasa menolong orang yang berhutang untuk membayarnya selagi dia berniat untuk melunasinya.

E.     Hadits Nomor 880

وَعَنْ أَبِي رَافِعٍ ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم اسْتَسْلَفَ مِنْ رَجُلٍ بَكْرًا فَقَدِمَتْ عَلَيْهِ إِبِلٌ مِنَ اَلصَّدَقَةِ, فَأَمَرَ أَبَا رَافِعٍ أَنْ يَقْضِيَ اَلرَّجُلَ بَكْرَهُ, فَقَالَ: لَا أَجِدُ إِلَّا خَيَارًارَبَاعِيًا. قَالَ: " أَعْطِهِ إِيَّاهُ, فَإِنَّ خِيَارَ اَلنَّاسِ أَحْسَنُهُمْ قَضَاءً)  رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu Rafi' Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah meminjam unta muda dari seseorang. Kemudian beliau menerima unta zakat, lalu beliau menyuruh Abu Rafi' untuk mengembalikan hutang untanya kepada orang tersebut. Abu Rafi' berkata: Aku hanya menemukan unta berumur empat tahun. Beliau bersabda: "Berikanlah kepadanya, karena sebaik-baik orang ialah yang paling baik melunasi hutang." (HR. Muslim).

1.      Makna hadits

Hadits ini memuatkan dua makna, iaitu:
Pertama, sebelum ini telah dibahas larangan menjual hewan ternakan dengan  hewan  ternak  secara  kredit,  kemudian  di  dalam  hadits  yang diriwayatkan Abdullah  bin  ‘Amr  bin  al-Ash,  ketika  Rasulullah  (s.a.w) menyuruhnya untuk menyiapkan pasukan tentara dan kami pun telah menyebutkan perbedaan pendapat dalam masalah ini.
Kedua, disunatkan membayar hutang dengan melebihkannya dengan syarat tanpa  sepengetahuan yang memberi pinjaman dan tidak dilakukan mengikut cara riba dengan mengemukakan syarat-syarat tertentu ketika hendak membayar hutangnya.

2.      Analisis lafadz

a.       اسْتَسْلَفَ = meminjam atau berhutang.
b.      بَكْرًا = dengan membaca  fathah  huruf  ba’, sukun huruf  kaf yakni unta jantan yang masih kecil. Lawannya  al-qallush  adalah unta betina yangmasih kecil.
c.       يَقْضِيَ = membayar hutang dan menyelesaikannya.
d.      خَيَارًا = unta-unta pilihan dan terbaik.
e.       رَبَاعِيًا  = unta yang genap berusia nam tahun dan memasuki usia tujuh tahun. Untuk jantan digunakan istilah  ruba’ dan untuk betina digunakan istilah ruba’iyah.
f.       قَضَاءً = membayar atau melunasi.

3.      Fiqh hadits

a.       Hadits ini mengharuskan pinjam meminjam (hutang  piutang).
b.      Boleh menghutangkan hewan ternakan. Inilah pendapat jumhur ulama.
c.       Boleh membayar hutang dengan melebihkannya apabila sebelumnya tidak ada ketentuan dari kedua pihak untuk berbuat demikian. Ini merupakan salah satu amalan mulia dan terpuji. Ia tidak termasuk amalan riba. Menurut Imam al-Syafi’i, boleh melebihkan pembayaran hutang terhadap jumlah atau sifatnya, sementara menurut Imam Malik boleh melebihkannya pada sifat saja. Apapun, zahir hadits ini menyokong pendapat Imam al-Syafi’i.
d.      Orang yang berbuat baik ketika membayar hutangnya termasuk ke dalam golongan orang memiliki sifat terpuji.










BAB III
PENUTUP

Demikianlah penjelasan tentang hadits-hadits yang berkenaan dengan salam (menangguhkan pembayaran  terhadap  barang  yang  hendak  dibeli), sehingga nampak jelaslah bagaimana islam ini mengatur umatnya dalam bermu’amalah dengan sesama muslim atau bahkan dengan orang yang berbeda agama.
Semakin jelasnya penjelasan tentang hadits-hadist yang menjelaskan tentang tata cara penghutangan dan pembayarannya, tentang pemberian hutang dan pinjamannya. Sepatutnyalah sebagai ummat islam harus menjadi contoh dan pengamal dalam aturan dan petunjuk yang diberikan oleh manusia termulia yakni baginda nabi Muhammad.
Dapat di ambil sebuah kesimpulan dari hadits-hadits diatas bahwa :
1.      Meminjam barang kepada orang lain itu diperbolehkan
2.      Memberikan pinjaman (meminjamkan) sesuatu barang itu diperbolehkan dan tidak boleh meminta barang lebih
3.      Harus menjaga barang yang dipinjam
4.      Ancaman bagi orang yang tidak berniat merusak barang pinjamannya dengan pemberian adzab.
5.      Wajibnya memberikan pinjaman buah-buahan dengan memberikan takaran atau ukuran yang jelas.
6.      Dan banyak lagi yang lainnya.
Demikian penjelasan hadits-hadits tentang salam yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bertambahnya keilmuan agama dan mampu untuk mengamalkan dan mendakwahkannya kepada muslimin yang belum memahami syariat yang jelas ada petunjuknya.
Washallalahu ‘ala nabiyyina Muhammad ibn abdillah wasallim tasliima..





DAFTAR PUSTAKA

1.      Al-Asqolany, al hafidz ibn hajar. Bulughul maram min adilatil ahkaam. 2004. Mesir : Maktabah Asy-Syuruq Ad-dauliyyah
2.       ‘Allusy, Abu Abdullah bin Abd al-Salam. Ibanah Al-Ahkam Syarah Bulugh Al- Maram. 2010. Kuala Lumpur : Al-Hidayah Publication

2 komentar:

  1. Halo, saya adalah Ibu Aamanee Aaqil, pinjaman pribadi untuk kreditur untuk meminjamkan uang
    Waktu kemungkinan Anda membutuhkan pinjaman segera untuk
    pinjaman yang Anda butuhkan untuk memperbaiki bisnis Anda lakukan? Anda telah ditolak oleh bank
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek?
    Mencari lebih, karena di sinilah kita melakukan segalanya untuk menjaga agar masalah keuangan kita tetap rendah
    ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan finansial,
    yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan untuk diinvestasikan
    Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
    Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang.
    tidak peduli jumlah yang Anda butuhkan kami di sini untuk menawarkan Anda Saat Anda Datang, Anda akan mendapatkan dana Anda


    Jadi hubungi kami hari ini via email:
    (aamaneeaaqilloancompany@gmail.com)

    TUHAN BERHARGA ANDA MEMILIKI ANDA DATANG

    BalasHapus
  2. keren bgt kk makalanya. rapih mudah dipahami juga. good job.

    BalasHapus