Oleh : Hendri Permana
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Agama islam adalah agama sempurna yang mengatur segala perkara yang
berkaitan dalam kehidupan manusia. Dimulai dari peribadatan yang langsung
berhubungan dengan sang khalik dan hubungan yang berkaitan dengan manusia.
Dalam hal ini, islamlah yang mengatur dan mengarahkan peraturan yang menjadi
pedoman wajib bagi setiap pemeluknya. Pedoman ini di bawa oleh nabi yang mulia,
sehingga tidak ada dusta dalam penyampaiannya dan selalu memberikan solusi
utama dikala kita benar-benar menjalankannya.
Salah satu yang diatur oleh syari’at islam adalah bentuk jual beli,
dimana bentuk ini sangat beragam jenisnya, dari bentuk barang hasil temuan,
gadai, pinjaman, salam dan lain-lain. Oleh sebab itu, selayaknya kita sebagai
muslim wajib mengikuti petunjuk baginda nabi Muhammad dalam masalah ini,
sehingga dalam proses transaksi jual beli yang kita lakukan tidak mengandung
unsur riba, sehingga jual beli yang kita lakukan mendatangkan keberkahan dari
Allah Shubhanahu wata’ala.
Salah satu yang akan kami bahas dalam makalah ini adalah tentang
menjual barang yang belum dimiliki dengan menggambarkan sifat-sifat dan
jenisnya (salam), sehingga dalam penjelasannya diberikan kefahaman dalam
memahami hadits-hadits yang disampaikan oleh baginda nabi Muhammad dalam
memberikan pengarahan transaksi salam dalam pandangan agama islam.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan
masalah yang penulis akan jelaskan adalah sebagai berikut :
1.
Hadits-hadits yang berkenaan dengan salam, qiradh dan gadai;
2.
Penjelasan para ulama tentang salam, qiradh dan gadai;
3.
Makna kosa kata dalam hadits-hadits;
4.
Faidah yang diambil dari hadits-hadits.
C. Tujuan Penulisan
Dalam penulisan
makalah ini, penulis berharap sebagai berikut :
1.
Mengetahui dalil-dalil yang berkenaan dengan salam, qiradh dan
gadai;
2.
Mengetahui petunjuk baginda nabi dalam salam, qiradh dan gadai;
3.
Memahami maksud yang terkandung dalam hadits-hadits salam, qiradh
dan gadai;
4.
Mampu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian salam, qiradh dan gadai
Salam dengan membaca fatah huruf sin dan huruf lam adalah menangguhkan pembayaran terhadap
barang yang hendak
dibeli. Jika kalimat
ini menggunakan huruf mim
( al-salam ), maka ia mengikut bahasa masyarakat Iraq, namun jika menggunakan
huruf fa ( al-salaf) maka ia mengikut bahasa
masyarakat Hijaz.
Menurut syari’at, salam
adalah menjual barang yang belum dimiliki dengan menggambarkan
sifat-sifat dan jenisnya.
Qardh pula dengan membaca
sukun huruf ra’ adalah barang
yang belum dimiliki yang digambarkan sifat dan jenisnya namun tanpa melalui
proses jual beli.
Gadai pula adalah membeli sesuatu secara ansuran dengan menyerahkan
jaminan barang pembelian sama ada jaminan itu setara dengan harta yang
digadaikan ataupun tidak,
kemudian barang itu
dipulangkan kepada pemiliknya
setelah dia berjaya menyelesaikan bayaran hutangnya.
B. Hadits Nomor 874 tentang salam
عَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: قَدِمَ
اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم اَلْمَدِينَةَ, وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي
اَلثِّمَارِ اَلسَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ, فَقَالَ: ( مَنْ أَسْلَفَ فِي تَمْرٍ
فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ, وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ, إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ
) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَلِلْبُخَارِيِّ: مَنْ أَسْلَفَ فِي شَيْءٍ
Ibnu Abbas berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam datang ke Madinah dan penduduknya biasa meminjamkan buahnya untuk
masa setahun dan dua tahun. Lalu beliau bersabda: "Barangsiapa meminjamkan
buah maka hendaknya ia meminjamkannya dalam takaran, timbangan, dan masa
tertentu." Muttafaq Alaihi. Menurut riwayat Bukhari: "Barangsiapa
meminjamkan sesuatu."
1. Makna hadits
Masa terus berjalan sementara usaha memiliki
waktu-waktu tersendiri. Seseorang
memiliki tanggung jawab
untuk memenuhi keperluan keluarganya dan manusia sentiasa
memerlukan sesutu untuk memenuhi keperluannya. Oleh itu, mereka memerlukan satu
sistem untuk memenuhi keperluan mereka dengan mengharuskan pinjaman, salam dan gadai. Semua ini bertujuan untuk
meringankan beban hidup manusia ketika
berdepan dengan situasi yang sukar.
Oleh kerana peminjam dan orang yang memberi
pinjaman sering kali bertelingkah mengenai waktu pembayaran dan barang yang
mesti diserahkan, syariat Islam telah pun menetapkan beberapa perkara bagi
mengelakkan kerugian dan permusuhan daripada berlaku dengan tetap mengekalkan
hukum harus untuk membuat pinjaman, salam
dan gadai. Jadi, Islam mewajibkan untuk menetapkan timbangan, sukatan
dan waktu di mana hutang tersebut wajib dibayar oleh peminjam di samping ketentuan-ketentuan
lain yang berkaitan dengannya.
2. Analisis lafadz
a.
قَدِمَ
اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم اَلْمَدِينَةَ =
peristiwa ini terjadi
ketika baginda berhijrah.
b.
يُسْلِفُونَ =
mereka mengadakan jual beli dengan satu sistem di mana harga ada di tangan
pembeli.
c.
اَلسَّنَةَ
وَالسَّنَتَيْنِ = ungkapan ini sekadar menunjukkan
kebiasaan, kerana tidak ada larangan untuk menaikkan tempoh melebihi
waktu-waktu yang telah disebutkan itu. Malah dalam satu hadits yang
diriwayatkan al-Bukhari disebutkan: “Dua atau tiga tahun.” Dalam riwayat lain
disebutkan: “Mereka meminjam hingga dua atau tiga tahun.”
d.
فِي
تَمْرٍ = ungkapan ini hanya sekadar menunjukkan
kebiasaan, kerana al-Hafiz Ibn Hajar meriwayatkan hadits lain oleh al-Bukhari:
“Barang siapa yang meminjam sesuatu.” Lafaz hadits ini lebih bersifat umum.
e.
وَوَزْنٍ
مَعْلُومٍ = huruf waw di sini bermakna aw (atau).
Dengan arti kata lain, memadailah dengan menggunakan salah satu di antara
keduannya itu. Malah salam
riwayat yang lain
ditegaskan perkara yang
serupa. Takaran dan timbangan di sini hanya sekadar menunjukkan
kebiasaan. Ia boleh digantikan dengan penjumlahan, misalnya atau penjumlahan
yang digabungkan dengan takaran atau timbangan secara sekaligus.
f.
إِلَى
أَجَلٍ مَعْلُومٍ = syarat ini disandarkan kepada salah satu
di antara dua perkara sebelum ini, bukan kepada kedua-duanya sekaligus.
3. Fiqh hadits
a.
Islam
memperakui beberapa sistem
perekonomian yang berlaku pada
zaman jahiliah, tetapi ditambahkan adanya beberapa syarat dan ketentuan.
b.
Boleh meminjamkan suatu barang. Ulama telah
pun telah bersepakat terhadap pendapat ini kecuali satu pendapat yang
diriwayatkan daripada Ibn al-Musayyab. Meskipun mereka bersepekat bahwa ia
disyariatkan, namun ulama berselisih pendapat tentang beberapa syarat dan
ketentuan yang berbeda dengan syarat-syarat jual beli antara lain adalah
sebagai berikut:
a)
Menyerahkan
modal di dalam satu majlis. Jika mereka berpisah sebelum diadakan serah terima,
maka jual beli ini tidak sah,kerana jual beli ini sama dengan jual beli hutang
dengan hutang yang diharamkan di sisi syari’at.
b)
Mengetahui
dengan jelas keadaan dan keberadaan modal atau barang, kerana sudah menjadi
kebiasaan untuk mengetahui keadaan
barang sebelum menyerahkannya. Jika
seseorang menyerahkan barang yang
berada di dalam
bungkusan sedangkan dia tidak melihatnya atau tidak mengetahuinya,
maka jual beli
itu dinyatakan tidak
sah. Ini berdasarkan kesepakatan ulama.
c)
Barang yang
bakal diserahkan hendaklah
dapat diukur dengan takaran,
timbangan atau hitungan, bukan barang yang sebaliknya. Ini berdasarkan
kesepakatan ulama.
d)
Jumlah
dan ukurannya disebutkan dengan jelas seperti jumlah barang yang hendak
diserahkan. Jika benda tersebut belum dapat dihitung, maka sifat dan keadaan
barang tersebut wajib disebutkan dengan jelas baik menggunakan sistem timbangan
atau takaran, seperti buah delima dan lain-lain, tetapi hukum ini kembali
kepada kebiasaan dan
sistem yang berlaku
di suatu daerah. Jika mereka hanya menggunakan timbangan, maka ukurannya
mestilah mengikut sistem yang berlaku. Jika seseorang yang melakukan salam
terhadap yang ditimbang bukan ditakar atau sebaliknya, maka ulama mazhab
Syafi’I dan mazhab Hanbali dalam masalah ini ada dua pendapat. Pendapat yang
paling sahih mengatakan ia dibolehkan.
e)
Meyebutkan
waktu pembayaran. Jadi transaksi dinyatakan batal jika tempo tidak disebutkan
dengan jelas. Ini berdasarkan kesepakatan
ulama. Jika tempo
pembayaran ditentukan dengan
waktu yang masih bersifat umum, misalnya pembayaran dilakukan sampai waktu
dipetik/dituai pada masa yang akan datang, misalnya, maka Ibn Umar, Imam Malik,
Imam Ahmad dalam satu riwayat
yang kemudian menjadi
pilihan ulama mazhab Hanbali
membolehkannya, sementara Ibn Abbas dan jumhur ulama melarang sistem seperti
ini.
f)
Barang
yang ingin diserahkan mesti wujud ketika ia hendak diserahkan pada waktu yang
telah ditentukan.
g)
Orang yang
meminjamkan mestilah memiliki
dan mampu mendatangkan barang
yang diinginkan. Syarat ini dikemukakan oleh setengah ulama.
C. Hadits Nomor 875
وَعَنْ
عَبْدِ اَلرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى، وَعَبْدِ اَللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى -رَضِيَ
اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَا: ( كُنَّا نُصِيبُ اَلْمَغَانِمَ مَعَ رَسُولِ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَكَانَ يَأْتِينَا أَنْبَاطٌ مِنْ أَنْبَاطِ
اَلشَّامِ, فَنُسْلِفُهُمْ فِي اَلْحِنْطَةِ وَالشَّعِيرِ وَالزَّبِيبِ - وَفِي
رِوَايَةٍ: وَالزَّيْتِ - إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى. قِيلَ: أَكَانَ لَهُمْ
زَرْعٌ? قَالَا: مَا كُنَّا نَسْأَلُهُمْ عَنْ ذَلِكَ ) رَوَاهُ
اَلْبُخَارِيُّ
Abdurrahman Ibnu Abza dan Abdullah Ibnu Aufa
Radliyallaahu 'anhuma berkata: Kami menerima harta rampasan bersama Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Dan datanglah beberapa petani dari Syam, lalu
kami beri pinjaman kepada mereka berupa gandum, sya'ir, dan anggur kering
-dalam suatu riwayat- dan minyak untuk suatu masa tertentu. Ada orang bertanya:
Apakah mereka mempunyai tanaman? Kedua perawi menjawab: Kami tidak menanyakan
hal itu kepada mereka. (HR. Bukhari).
1. Makna hadits
Hadits
ini membincangkan masalah yang telah dibincangkan oleh hadits sebelum ini,
namun ada satu permasalahan yang disentuh
di sini iaitu meminjamkan barang kepada orang yang tidak memiliki barang dan usaha terhadap
barang yang dipinjamkannya, di
mana dia meminjam buah atau gandum misalnya, tetapi
dia tidak mempunyai usaha untuk menghasilkannya, lalu hadits ini membolehkan
praktik pinjamanan seperti ini, malah al-Bukhari memasukkan hadits ini ke dalam
bab: al-salam ila man laisa ‘indahu ashlun .
2. Analisis lafadz
a.
نُصِيبُ = kami memperoleh dan
mendapatkan bahagian.
b.
اَلْمَغَانِمَ = jamak ghanimah, harta
yang menjadi hak milik tentara Islam setelah berjaya mengalahkan tentara kafir.
c.
أَنْبَاطٌ مِنْ أَنْبَاطِ اَلشَّامِ = dalam riwayat al-Bukhari disebutkan: “نبيط”. Mereka adalah bangsa
Arab yang sudah berasimilasi dengan orang asing dan Rom kemudian keturunan
mereka pun sudah bercampur aduk hingga akhirnya bahasa mereka pun berubah.
Orang Arab yang berasimilasi dengan orang asing tinggal di kawasan al-Batha’ih
berhampiran dengan masyarakat Iraq, sementara orang yang berasimilasi dengan
bangsa Rom tinggal di lembah negeri
Syam. Mereka diberi
nama anbath lantaran mereka
mengetahuitempat keluar air, kerana sebahagian besar sumber pencarian
mereka adalah sebagai peladang.
d.
فَنُسْلِفُهُمْ = kami menjual kepada
mereka barang dengan memberikan gambaran
terhadap barang yang bakal mereka jadikan sebagai pembayaran hutang mereka.
e.
مُسَمًّى = yang ditentukan dan
ditetapkan.
3. Fiqh hadits
a.
Salam atau salaf adalah dibolehkan dalam syari’at Islam.
b.
Jual beli salam
dibolehkan meskipun tidak
menyebutkan dan menentukan tempat
serah terima. Inilah pendapat Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan Imam Malik di
mana beliau menambahkan: “Serah terima hendaklah dilakukan di tempat di mana ia
dilaksanakan. Jika mereka berselisih
pendapat, maka perkataan
penjual mesti dijadikan pegangan.
c.
Jual beli salam dibolehkan meskipun barang yang ditentukan
tidak lagi wujud ketika mengadakan transaksi selagi ada kemungkinan
menghadirkan barang pada
waktu yang telah
disepakati. Ini pendapat jumhur
ulama dan menurut mereka, tidak ada masalah memutuskannya untuk
membawanya baik sebelum
mahupun sesudahnya sementara menurut Imam Abu Hanifah, tidak boleh jika
diputuskan sebelumnya. Jika seseorang memberi pinjaman dengan menggunakan lafaz
yang bersifat umum lalu ia diputuskan dengan seketika, maka menurut jumhur
ulama jual beli ini tidak batal,sementara menurut sebahagian ulama mazhab
Syafi’i jual beli ini batal.
d.
Dibolehkan berpisah dalam jual beli salam sebelum diadakan serah terima. Inilah
pendapat Imam Malik, namun menurut Imam al-Syafi’i dan ulama Kufah, dengan
demikian jual beli menjadi batal kerana ia menjadi menjual hutang dengan
hutang.
e.
Ahli zimmah dibolehkan mengadakan jual beli salam dengan syarat mereka berpandukan ajaran
syari’at Islam ketika berlaku perselisihan dan perbedaan pendapat.
f.
Pengakuan Rasulullah (s.a.w) dapat dijadikan sebagai hujah.
D. Hadits Nomor 876
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ اَلنَّاسِ يُرِيدُ
أَدَاءَهَا, أَدَّى اَللَّهُ عَنْهُ, وَمَنْ أَخَذَهَا يُرِيدُ إِتْلَافَهَا,
أَتْلَفَهُ اَللَّهُ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mengambil harta
orang dengan maksud mengembalikannya, maka Allah akan menolongnya untuk dapat
mengembalikannya; dan barangsiapa mengambilnya dengan maksud menghabiskannya,
maka Allah akan merusaknya." (Riwayat Bukhari.)
1. Makna hadits
Hadits
ini membahas salah satu pokok syari’at yang paling penting, iaitu
membetulkan niat dalam
setiap perbuatan dan
membersihkannya dari segala
bentuk kejahatan. Sesiapa yang melakukannya akan memperoleh kebaikan baik di
dunia mahupun di akhirat.
Islam memberi
petunjuk kepada siapa
yang berhutang supaya berniat untuk membayarnya sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan. Jika melakukan demikian, Allah pasti
membantu untuk menyelesaikannya. Ini berbeza jika meminjam untuk memakan dan merusaknya
tanpa ada niat untuk membayarnya, maka Allah akan merosak dan membinasakan
harta itu.
2. Analisis lafadz
a.
مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ اَلنَّاسِ = ia meliputi mengambil harta orang lain dengan cara berhutang
dan menerima barang amanah untuk dijaga, namun maksud yang pertama lebih
mendekati dengan tujuan hadits di sini, sebagaimana sabda Rasulullah (s.a.w): اخد (mengambil) di mana kalimat ini menunjukkan
adanya perbuatan. Ini berbeza dengan makna kedua, iaitu menerima barang amanah
untuk dijaga kerana biasanya menggunakan bahasa: من استودع أموال الناس (barang siapa yang menerima amanah barang
orang lain untuk dijaga.” Pendapat ini disokong oleh hadits Rasulullah (s.a.w):
ما من مسلم
يدّان دينا يعلم الله منه أنّه يريد أداءه إلاّ أداء الله عنه فى الدنيا
“Tidaklah seorang muslim ingin meminjam wang kepada orang lain dan
dia berniat untuk membayarnya, melainkan Allah membantunya untuk membayar
hutang itu selama d idunia.” (Diriwayatkan oleh Ibn Majah dan dinilai sahih
oleh Ibn Hibban dan al-Hakim daripada Maimunah (r.a)
Apapun, tidak ada halangan untuk memahami hadits ini sebagai
barang titipan (wadi’ah).
b.
أَدَّى اَللَّهُ عَنْهُ = ada yang mengatakan Allah pasti membantu untuk
membayarnya selagi di dunia dengan memudahkan cara memperoleh rezeki kepadanya
sehingga dia mampu membayar hutangnya.
Pendapat lain mengatakan Allah pasti membayarnya di akhirat kelak
dengan memberikan kebaikan kepada orang yang memberi pinjaman hingga dia pun
merasa ridho.
c.
إِتْلَافَهَا = merusakkan. Ada
kemungkinan kerusakan yang
bakal diterimanya itu ketika
hidup di alam
dunia dengan menghancurkan hartanya, mempersempit
usaha dan geraknya
atau menghilangkan keberkahan
dalam setiap usaha yang dilakukannya. Ada pula kemungkinan dia akan memperoleh kerusakan
di akhirat kelak dengan memberikan adzab dan siksa yang berat ke atasnya.
3. Fiqh hadits
a.
Larangan untuk memakan harta dan hak orang lain.
b.
Galakan untuk sentiasa berbuat baik dan membetulkan demi meraih
kebaikan dunia dan akhirat.
c.
Menjelaskan betapa kedudukan niat dan pengaruhnya amat besar dalam
kehidupan dunia dan akhirat.
d.
Setiap perbuatan akan dibalas sesuai dengan nilainya.
e.
Menjelaskan bahwa Allah sentiasa menolong orang yang berhutang
untuk membayarnya selagi dia berniat untuk melunasinya.
E. Hadits Nomor 880
وَعَنْ أَبِي رَافِعٍ ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم
اسْتَسْلَفَ مِنْ رَجُلٍ بَكْرًا فَقَدِمَتْ عَلَيْهِ إِبِلٌ مِنَ اَلصَّدَقَةِ,
فَأَمَرَ أَبَا رَافِعٍ أَنْ يَقْضِيَ اَلرَّجُلَ بَكْرَهُ, فَقَالَ: لَا أَجِدُ
إِلَّا خَيَارًارَبَاعِيًا. قَالَ: " أَعْطِهِ إِيَّاهُ, فَإِنَّ خِيَارَ
اَلنَّاسِ أَحْسَنُهُمْ قَضَاءً) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu Rafi' Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah meminjam unta muda dari seseorang.
Kemudian beliau menerima unta zakat, lalu beliau menyuruh Abu Rafi' untuk
mengembalikan hutang untanya kepada orang tersebut. Abu Rafi' berkata: Aku
hanya menemukan unta berumur empat tahun. Beliau bersabda: "Berikanlah
kepadanya, karena sebaik-baik orang ialah yang paling baik melunasi
hutang." (HR. Muslim).
1. Makna hadits
Hadits ini
memuatkan dua makna, iaitu:
Pertama, sebelum ini telah dibahas larangan menjual hewan ternakan
dengan hewan ternak
secara kredit, kemudian
di dalam hadits
yang diriwayatkan Abdullah
bin ‘Amr bin
al-Ash, ketika Rasulullah
(s.a.w) menyuruhnya untuk menyiapkan pasukan tentara dan kami pun telah
menyebutkan perbedaan pendapat dalam masalah ini.
Kedua, disunatkan membayar hutang dengan melebihkannya dengan syarat
tanpa sepengetahuan yang memberi
pinjaman dan tidak dilakukan mengikut cara riba dengan mengemukakan
syarat-syarat tertentu ketika hendak membayar hutangnya.
2. Analisis lafadz
a.
اسْتَسْلَفَ = meminjam atau
berhutang.
b.
بَكْرًا = dengan membaca fathah
huruf ba’, sukun
huruf kaf yakni unta jantan yang masih
kecil. Lawannya al-qallush adalah unta betina yangmasih kecil.
c.
يَقْضِيَ = membayar hutang dan menyelesaikannya.
d.
خَيَارًا = unta-unta pilihan dan
terbaik.
e.
رَبَاعِيًا = unta yang genap berusia nam tahun dan
memasuki usia tujuh tahun. Untuk jantan digunakan istilah ruba’ dan untuk betina digunakan istilah
ruba’iyah.
f.
قَضَاءً = membayar atau
melunasi.
3. Fiqh hadits
a.
Hadits ini mengharuskan pinjam meminjam (hutang piutang).
b.
Boleh menghutangkan hewan ternakan. Inilah pendapat jumhur ulama.
c.
Boleh membayar hutang dengan melebihkannya apabila sebelumnya tidak
ada ketentuan dari kedua pihak untuk berbuat demikian. Ini merupakan salah satu
amalan mulia dan terpuji. Ia tidak termasuk amalan riba. Menurut Imam
al-Syafi’i, boleh melebihkan pembayaran hutang terhadap jumlah atau sifatnya,
sementara menurut Imam Malik boleh melebihkannya pada sifat saja. Apapun, zahir
hadits ini menyokong pendapat Imam al-Syafi’i.
d.
Orang yang berbuat baik ketika membayar hutangnya termasuk ke dalam
golongan orang memiliki sifat terpuji.
BAB III
PENUTUP
Demikianlah
penjelasan tentang hadits-hadits yang berkenaan dengan salam (menangguhkan
pembayaran terhadap barang
yang hendak dibeli), sehingga nampak jelaslah bagaimana
islam ini mengatur umatnya dalam bermu’amalah dengan sesama muslim atau bahkan
dengan orang yang berbeda agama.
Semakin
jelasnya penjelasan tentang hadits-hadist yang menjelaskan tentang tata cara
penghutangan dan pembayarannya, tentang pemberian hutang dan pinjamannya.
Sepatutnyalah sebagai ummat islam harus menjadi contoh dan pengamal dalam
aturan dan petunjuk yang diberikan oleh manusia termulia yakni baginda nabi
Muhammad.
Dapat
di ambil sebuah kesimpulan dari hadits-hadits diatas bahwa :
1.
Meminjam barang kepada orang lain itu diperbolehkan
2.
Memberikan pinjaman (meminjamkan) sesuatu barang itu diperbolehkan
dan tidak boleh meminta barang lebih
3.
Harus menjaga barang yang dipinjam
4.
Ancaman bagi orang yang tidak berniat merusak barang pinjamannya
dengan pemberian adzab.
5.
Wajibnya memberikan pinjaman buah-buahan dengan memberikan takaran
atau ukuran yang jelas.
6.
Dan banyak lagi yang lainnya.
Demikian
penjelasan hadits-hadits tentang salam yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan
kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bertambahnya keilmuan agama dan mampu
untuk mengamalkan dan mendakwahkannya kepada muslimin yang belum memahami
syariat yang jelas ada petunjuknya.
Washallalahu
‘ala nabiyyina Muhammad ibn abdillah wasallim tasliima..
DAFTAR PUSTAKA
1.
Al-Asqolany, al hafidz ibn hajar. Bulughul maram min adilatil
ahkaam. 2004. Mesir : Maktabah Asy-Syuruq Ad-dauliyyah
2.
‘Allusy, Abu Abdullah bin
Abd al-Salam. Ibanah Al-Ahkam Syarah Bulugh Al- Maram. 2010. Kuala Lumpur : Al-Hidayah
Publication
Halo, saya adalah Ibu Aamanee Aaqil, pinjaman pribadi untuk kreditur untuk meminjamkan uang
BalasHapusWaktu kemungkinan Anda membutuhkan pinjaman segera untuk
pinjaman yang Anda butuhkan untuk memperbaiki bisnis Anda lakukan? Anda telah ditolak oleh bank
Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek?
Mencari lebih, karena di sinilah kita melakukan segalanya untuk menjaga agar masalah keuangan kita tetap rendah
ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan finansial,
yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan untuk diinvestasikan
Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang.
tidak peduli jumlah yang Anda butuhkan kami di sini untuk menawarkan Anda Saat Anda Datang, Anda akan mendapatkan dana Anda
Jadi hubungi kami hari ini via email:
(aamaneeaaqilloancompany@gmail.com)
TUHAN BERHARGA ANDA MEMILIKI ANDA DATANG
keren bgt kk makalanya. rapih mudah dipahami juga. good job.
BalasHapus